Sabtu, 27 Oktober 2012

San Francisco bagian dari Perjalan


CALIFORNIA (state)
California dijuluki Golden State. Kata orang sana kalau musim panas rumputnya berubah menjadi kuning seperti emas, ada juga yang menganggap saat Gold Rush sekitar 1 abad yang lalu. California terletak di pesisir barat Amerika Serikat dengan jumlah penduduk terbanyak di A.S. sekitar 37 juta jiwa dengan luas wilayah sekitar 424 ribu km2 yang merupakan wilayah terluas ke-3 di A.S. Singkatan resmi state ini adalah CA/Calif dengan zona waktu UTC -8/-7. Ketinggian tempat -86 - 4.418 mdpl. Masuk ke Uni tahun 1850. Sektor ekonomi ditunjang dari industri, perdagangan dan wisata. Komposisi warga negaranya berasal dari etnis kulit putih, latin, asia dan lain-lain. Bahasa yang biasa dipergunakan berurutan dari mulai english, spanish, filipino, canton/china.
SAN FRANCISCO (city)
Perkiraan jumlah penduduk : 809.000 jiwa.
Merupakan kota dari negara bagian California yang indah dan negara bagian yang exotic. Termasuk salah satu kota internasional. Tulang punggung sektor ekonomi SF adalah pariwisata, maka tak ayal jika kota ini selalu ramai dengan wisatawan baik asing maupun domestik. Jangan lupa disini juga ada pusat industri komputer di Silicon Valley yang terletak di San Francisco Bay Area. Tidak ketinggalan adalah pusat pertanian yang sangat terkenal dengan apple (buah dan i-Pod/i-Pad/i-Phone), jeruk, straberry, anggur, sayur-sayuran, ternak dan lain-lain.

Prasarana pendidikan tinggi terkenal seperti Univ of San Francisco, Standford Univ, San Francisco State Univ, University of California at Berkeley.
Tempat-tempat wisata yang terkenal dipenjuru dunia seperti Golden Gate Bridge, Ghirardelli Square (Ghirardelli merupakan pabrik chocolate), Embarcardero Center, Alcatraz Island, Lombard Street (the most twisted street in the world), cable train.

Trem yang legendaris di San Franscisco masih dipertahankan. Selain sebagai sejarah trem ini juga sangat digemari oleh para wisatawan. Tiketnya hanya US$2 satu tujuan. Dan moda transportasi lain yang menghubungkan titik kunjungan wisata sambil signseeing (melihat-lihat pemandangan kota sambil naik kendaraan (bahasa Jawanya nglencer, bahasa melayunya pusing-pusing, bahasa lain aroun-aroun) banyak tersedia. Dari mulai taxi, bus tingkat, motor dan lain-lain.

Port SF... cantik ya... udah gitu bersih banget. Bangunan ini didesain oleh A Page Brown tahun 1892 dan diresmikan pada tahun 1898. Saat ini bangun tersebut menjadi salah satu bangunan bersejarah di USA (National Register of Historic Places). Bagian dalam Port banyak cafe yang menyediakan kopi, wine, beer, dll dan Bagian luar Port secara rutin dipergunaka sebagai pasar kaget terutama produk organic. Tuh jeruk boleh dicoba gratis......

Pingin beli i-Pad 2 ngantrinya gak kira-kira... jam 5am udah ada 30 orang.... toko buka jam 8.30am, udah gitu gak kasih tahu jumlah yang dijual hari itu berapa tablet... lebih murah sih iya tapi ora ritek.... Mau beli Ferrari diseberangnya toko Aplle juga duitnya siapa? Akhir-e malah cuman tuku coklat untuk dicemilin. Baru tahu kalau Ghirardelli terkenal setelah nyampai di Indonesia. Ternyata miturut lidah orang yang doyan chocolate Ghirardelli dan Hersey's merupakan chocolate yang passing gradenya tinggi... (padahal kata bule yang saya temuin di Kebun Raya, asalnya caccao dari Indonesia juga). Itu juga produk-2 eklusifnya GAP banyakan dari Indonesia (lha kalau aku beli kan diguyu sama temen2 di Indonesia) dengan bangganya saya tawarkan setelah jas ke temen saya dari eropa.... dia senyum-senyum saja, mungkin pingin beli tapi sayang dollarnya 'kali atau gengsi.... gak tahu lah.

City Hall dibangun pada 1913 dan dapat diselesaikan pada 1915. Hasil karya arsitek Bakewell and Brown. Terletak di area 46.000m2 dan merupakan bangunan dibawah tanggungjawab City and County of San Francisco.

Festival Bali.... sangat diminati, tapi pagi itu belum buka... ada tari, ada musik, ada jualan, ada bli, ada leak... dll. Ternyata budaya Bali bukan hanya orang Indonesia yang menggemari, warga internasionalpun juga suka.

Tempat ini juga sangat favorit di SF dan terletak di dermaga bernama Pier 39, disekitar situ terdapat cafe, tempat jual souvenir, agen perumahan, tukang pijit, calo dll.
Chinatown yang juga menjadi tujuan turis untuk belanja souvenir. Made in China hampir merajai souvenir diseluruh penjuru dunia... wis-wis, gak di Chinatown SF gak di Glodok sama-sama merajai.

Bekas penjara Alcatraz ini menjadi salah satu sejarah hitamnya sistem penjara yang cukup ditakuti para penjahat. Saat ini Alkatraz dijadikan tempat wisata. Konon ada beberapa vendor yang akan memakai sebagian tempat di Alkataz menjadi cafe. Kira-kira cafe gaya apa ya?

Komposisi ras paling komplit dari mulai kulit putih, asia (terutama china), african, afro, latino dll. SF juga termasuk komunitas besar dari etnis China. Secara sejarah, orang-orang China yang masuk ke USA melalui SF memiliki peran penting dalam peradaban USA itu sendiri. Hingga di SF, China Town tergolong cukup besar dibanding negara bagian lain.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar