Sabtu, 24 November 2012

Diseberang Sungai (Sacramento River) Sebuah Perjalanan

Source Pic from Wikipedia

Kota ini didirikan pada 1848. Jumlah penduduk mencapai 500 ribu jiwa dengan luas wilayah 257 km2. Zona waktu UTC-8. Sebutan kerennya adalah River City, Sac, Sacto. Sacramento adalah ibukota negara bagian California (jadi ibukota California bukan San Francisco). Kota Sacramento terlihat lebih sepi dan tidak begitu terkenal dibanding San Francisco. Bahkan kalau malam seperti kota mati. Padahal prasarana hiburan dan tempat makan juga tersebar dimana-mana (mungkin belum musimnya ramai). Namun saat pagi menjelang sekitar pukul 5 pagi, sudah mulai banyak yang melakukan aktivitas olahaga disekitar taman Capitol.
Sacramento Capitol ini adalah kantor Gubernur (dulu, Gov Arnold Scwarzeneger ngantor disini). Seandainya bertemu, saya pingin banget denger dia bilang ... I'll be back seperti dalam skuel Terminator. Ronald Reagen juga pernah menjabat Gubernur di kota ini. Gedung ini dibangun pada 1860 dan selesia pada tahun 1874. Terdiri dari 3 lantai. 
Tata ruangnya disusun sedemikian rupa artistik. Bersih dan menarik untuk kunjungan tamu. Didalam ruangan Sacramento Capitol ini terdapat berbagai informasi dan museum. Bisa dikunjungi oleh umum dari jam 8 pagi hingga 5 sore (kecuali akhir pekan buka jam 9 pagi). Untuk rombongan disediakan "guide". Alamatnya di 10 th and L streets State Capitol, Sacramento.
Tower Bridge yang dibangun 1935 merupakan ikon Sacramento yang sering dipergunakan sebagai logo-logo yang mencirikan kota ini. Panjang jembatan mencapai 225m dengan lebar 16m. Jembatan ini melintasi Sacramento River. Bagian tengah jembatan ini bisa dinaik-turunkan untuk memfasilitasi transportasi sungai. Dulu jembatan ini berwarna abu-abu, namun setelah banyak masyarakat komplain, diganti warnanya dengan kuning keemasan. Biar berkesan "glamour". Memang bener sih.
Sepi....... Imax Theatre juga hampir gak ada yang nonton. Komposisi penduduk terdiri dari kulit putih, latin, kulit hitam, asia dan lain-lain. Dulu di sacramento ini termasuk pusatnya Indian.
Transportasi dikota ni dikelola oleh Sacramento Regional Transit District. Moda trasportasi yang tersedia cukup lengkap. Ada bis dan kereta listrik (RT : Regional Transit) yang muter-muter.... dan yang terakhir adalah transportasi yang menggunakan sepeda. Peningkatan pengguna sepeda meningkat cukup pesat. Sacramento yang cukup landai menjadikan moda transprtasi ini sangat cocok.  Sampai-sampai ada Sacramento Area Bicycle Advocates yang mensponsori kebijakan pemerintah daerah untuk menyediakan jalur dan kawasan khusus bersepeda. Selain transportasi kota juga ada fasilitas transportasi antar negara bagian yang dilayani oleh Amtrak, bus antar negara bagian, dan Sacramento International Airport. Sacramento int' Airport ini melayani penerbangan antar negara bagian bahkan Canada, Eropa, Asia, Amerika Selatan.
Sekolah/Universitas yang terdapat dikota ini antara lain California State University, UCCS, UC Davis of Medicine, Sacramento City College, dll.
Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar