Kamis, 18 Oktober 2012

Mengatur Pertanian di USA - Sebuah Catatan Perjalanan


USDA merupakan Departemen Pertanian-nya Amerika Serikat (US). Sebagai negara yang memiliki konsep bagus dalam mengelola sistem pertaniannya, US mengandalkan pada departemen ini. Misi utama USDA adalah bekerja keras meningkatkan kualitas hidup rakyat Amerika. Mungkin terlihat sederhana, namun kemasan dan usaha keras tetap mereka lakukan secara serius. Departemen ini menjamin keamanan, nutrisi yang baik dan kemudahan rakyat dalam mengakses ketersediaan pangan. Bukan hanya dalam negeri yang ditangani, termasuk luar negeri yang berkaitan dengan USDA. USDA memiliki Strategic Plan 2010-2015 jika temen-2 mau bukunya silakan download di http://www.ocfo.usda.gov/usdasp/sp2010/sp2010.pdf , siapa tahu ada yang bisa dipelajari.

Agen-agen USDA antara lain (yang digarisbawahi adalah bagian-2 yang berpartisipasi dalam program yang saya ikuti) ;
Nah, peran dan fungsi departemen ini meluas kan? Barangkali US sendiri ingin menjamin ketahanan negara harus dimulai dari ketercukupan dan stabilitas pangan. Beberapa peran yang bisa dilakukan dari departemen inipun mampu menjangkau berbagai sektor. 

USDA building, Washington DC [dokJO]
Gedung USDA terletak di 14th street and Independence Avenue, SW Washington DC. Gedungnya besar dan panjang. Maklumlah bahwa Departemen ini merupakan bagian yang strategis dalam kebijakan pemerintahan. Kenapa? Karena didalamnya menyangkut pangan dan lain-lain. Maksud saya gini, jaminlah pangan dan kebutuhan dasar rakyat negara, maka negara akan lebih mudah mengatur dirinya sendiri dalam percaturan dunia.... mungkin... wkwkwk ini pendapat pribadi mungkin.
Untuk mengikuti sesi pertemuan ini, luar biasa ketatnya. Pemeriksaannya mirip di Bandara Soekarno Hatta. Namun akhirnya ketemu dengan pejabat-2 yang kompeten dibidangnya. Tema yang dibahas adalah USDA's Role in Market Foods; Monitoring Regulatory Compliance; Evaluating Regulations for Small Busninesses; Food Hubs. Secara umum juga dijelaskan peran sistem Transportasi dan Marketing Service serta Livestock & Seed Program. Selain itu dibahas juga tentang program USDA untuk Programs for Rural Areas. Untuk bidang lain yang juga dibahas adalah The Role of APHIS (Animal and Plant Health Inspection Service) in food safety and inspection.

Topik yang dibahas seputar Food Safety yang mencakup Food Handling (tata aturan penanganan pangan untuk makanan), Food Recalls (aktivitas ini tidak hanya melibatkan pemerintah namun juga voulenteer), Food Irradiations, Foodborne Illness, Food Safety Resource.

GIPS Child Nutrition Centre - Grand Island, Nebraska [dokJO]
Fasilitas penanganan dan packaging makanan untuk anak-anak sekolah. Kami gak nyangka kalau kantor ini memiliki fasilitas yang luar biasa untuk mempersiapkan makanan bagi program School Meals. Yang bekerja disini sudah ibu-ibu yang sepuh, mereka terlihat sangat perhatian dengan makanan. Bagi mereka, ini bukan sekedar pekerjaan tapi pengabdian. (GIPS Child Nutrition Centre - Grand Island, Nebraska). Storage bahan-bahan makanan untuk School Meals secara rutin dikontrol oleh pihak kesehatan. Bersih dan dingin banget. (GIPS Child Nutrition Centre - Grand Island, Nebraska). Armada angkutan makanan untuk School Meals. U.S sangat serius menangani generasi muda mereka.

US yang didukung oleh 50 state juga mendukung School Meals (improvisasi pemberian makanan bagi anak-anak sekolah, tentunya menu yang syarat nutrisi dan gizi baik. Biar apa? Biar generasi muda mereka sehat, pintar, dan bangga kepada negerinya.... HARUS DICONTOH). Tapi ntar catering sekolah jadi gak laku? Mau maju gak? School Meals ini merupakan program USDA bidang Food and Nutrition Service.

Maaf jika materi ini sedikit membosankan, tapi karena ini adalah bagian dari informasi yang saya rasa perlu disharing gak apa-apa kan? Monggo dikritisi dan silakan tanya kalau ada yang belum jelas. Insyaallah saya akan bantu cari infonya. Foto yang tampil dari 2 state yang berbeda, karena saya rasa baru nyambung setelah saya kunjungi kedua tempat tersebut. Diskusi banyak dilakukan di Washington DC dan kunjungan banyak di program national. Kebetulan lokasi GIPS Child Nutrition Centre yang saya kunjungi berada di Grand Island, Nebraska. (Insyaallah Nebraska secara khusus akan saya ceritakan lain waktu).

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar