Senin, 15 Oktober 2012

Washington DC Serial Trip to US Sebuah Perjalanan


Washington DC berbeda dengan negara bagian Washington (Olympia). Kota ini tidak termasuk negara bagian, tetapi merupakan wilayah federal yang berada di bawah pemerintahan Amerika Serikat secara langsung bahkan dipeta biasanya hanya ditandai gambar bintang. Berbatasan dengan Maryland dan Virginia dan dilalui sunga Potomac. Luasnya kurang lebih 177km2. Populasi penduduk 591.833 jiwa. Washington DC didirikan tahun 1790.

Kota ini merupakan pusat pemerintahan U.S dan aktivitas industri utama adalah kegiatan pemerintahan, pusat kegiatan politik (nasional dan internasional). Tempat ini juga banyak sekali dipergunakan untuk urusan bisnis dan organisasi (profesional dan non profit). Sedangkan industri kedua terbesar adalah wisata. Dikota ini terdapat 174 kedutaan asing. dan kantor besar Bank Dunia.

Smithsonian Institusion adalah suatu lembaga pendidikan dan riset. Memiliki kompleks museum yang dikelola dan dibiayai oleh pemerintah Amerika Serikat dari donasi, kontribusi, dan keuntungan dari toko dan majalah Smithsonian. Sebagian besar fasilitasnya terletak di Washington, D.C. Diantaranya adalah; Archives of American Art, Smithsonian Astrophysical Observatory and the associated Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics, Center for Folklife and Cultural Heritage, Smithsonian Environmental Research Cente, Center For Earth and Planetary Studies (Air and Space Museum, Smithsonian Conservation Biology Institute (National Zoo), Smithsonian Tropical Research Institute, dll. Lembaga ini memiliki lebih kurang 142 juta benda koleksi.

Taman di Washington Monument sedang direnovasi atas hibah dari China. Monumen ini merupakan tempat yang memiliki sejarah Amerika.

Masjid Islamic Center di Massacuset Street cukup megah dan memiliki model arsitektur yang tentunya berbeda. Keberadaan masjid ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi umat muslim. Posisi yang cukup strategis diwilayah kedutaan besar berbagai negara.  Hingga bisa dipergunakan sebagai tempat ibadah secara berjamaah. Sekitar ratusan orang melaksanakan ibadah Sholat Jum'at dan berasal dari berbagai kota. 

Universitas yang berada di Washington DC antara lain Georgetown Univ, George Washington Univ, Howard Univ, American Univ, Johns Hopskin School. Namun sayang karena keterbatasan waktu tidak bisa saya kunjungi satu per satu.

Stasiun awah tanah yang sangat bersih dan tepat waktu, sekitar setiap 5 menit sekali ada yang lewat.

Kota ini akan terlihat sibuk saat orang berangkat kerja dan akan terlihat ramai saat pulang kerja. Tempat-tempat favrit warga sini antara lain cafe dan tempat makan serta warung kopi. Style orang-orang disini memang terlihat lebih profesional. Kota ini sangat bersih dan indah tentunya. Traffic light buat kendaraan maupun manusia tidak terlampau banyak seperti di New York. Prasarana angkutan dari mulai dari kereta bawah tanah, bus, dan taxi. Angkutan massal biasa disebut Metro. Layanan ketera bawah tanah hampir semuanya otomatis, penjaga/informan hanya ada dibeberapa stasiun. Stasiun bawah tanah memiliki Metro System Map dengan 5 warna jalur (Red Line, Orange Line, Blue Line, Green Line, Yellow Line), bagi yang buta warna harus siap2 banyak nanya. Ada 8 stasiun persimpangan (kalau kita gak bawa peta atau gak mau nanya, jangan harap segera nyampe.... muter wae)

Urusan hotel atau tempat menginap jangan kawatir, buanyak..... dan standarnya bersih dan rapi. Cuman sayang pelit, semuanya harus bayar... WiFi, Telpun, Sarapan, angkat koper.... (perlu diketahui bahwa pekerjaan-2 seperti pegawai restoran, pelayan hotel, sopir taxi dan sebangsanya gajinya kecil, maka mereka sangat mengharapkan "tip" besarnya sekitar 1-5 US $)

Kalau mau ngirit makan, jangan malu beli dipinggir jalan begini... cari saja yang halal food (biasanya akan ketemu orang Arab) cukup ekonomis cukup US$5-7. Tapi kalau malu resto kecil atau cafe ada jug sih US$10-15 dan yang agak besar US$20-50 ada juga yang ..... Tapi jangan kawatir, semua diawasi ketat oleh petugas kesehatan, baik yang pedagang kaki lima maupun yang pedagang kaki seribu... Trotoar aja tiap malam di semprot desinfektan. Apakah di Indonesia bisa? Aku yakin bisa asal...... (jawab sendiri lah), dulu jaman penghargaan Adipura masih baru digaungkan, kota-kota dihampir seluruh Indonesia juga bisa bersih dan Asri......

Maaf tidak semua bisa diceritakan karena ada beberapa informasi yang dibatasi.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar