Rabu, 10 Oktober 2012

Perjalanan dalam IVLP 2011 di Amerika Serikat


Berkesempatan mengunjungi Amerika Serikat (U.S) merupakan satu bagian dalam perjalanan hidup saya. Dan, saya rasa ini merupakan anugerah dari Allah yang telah menunjukkan kepada saya belahan bumi bagian lain. Untuk itu saya ingin sekedar berbagi melalui sebuah catatan perjalanan agar tak tertelan oleh waktu.
Program yang saya ikuti di Amerika Serikat adalah IVLP 2011 (Internasional Visitor Leadership Program).  Informasi lebih lengkap berkaitan dengan program ini bisa dikunjungi di http://exchanges.state.gov/ivlp/. Sedangkan tema program yang saya ikuti adalah U.S. Agricultural Trade and Food Safety. Ini sekedar informasi awal, karena saya akan coba sampaikan catatan perjalanan saya secara serial. Walau saya bukan penulis, namun saya mencoba menuliskan dalam versi saya.

Program ini disponsori oleh U.S. Department of State (DOS). Program ini berupaya menyampaikan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh berbagai pihak dan stakeholder secara representatif. Diantaranya adalah : mempelajari kebijakan dan program di U.S yang berkaitan dengan sistem perdagangan produk pertanian, keamanan pangan dan program pertanian berkelanjutan. Menganalisa sistem politik, sosial, lingkungan dan ekonomi dalam kebijakan perdagangan produk pertanian. Mengeksplorasi bagaimana regulasi U.S tentang komoditas pangan dan pasar dari mulai dari lahan pertanian hingga kepada masyarakat, termasuk komoditas yang berasal dari import. Mempelajari peraturan maupun kondisi masing-masing negara bagian dalam melakukan inspeksi, riset, promosi, dan sebagianya dalam menghadapi persaingan global.

Perjalan saya dimulai dari Washington DC (WDC) untuk pembukaan progran dan mendengar penjelasan berkaitan dengan sistem pemerintah U.S secara umum maupun kebijakan dan perundang-undangan pertanian dan keamanan pangan. Tempat diskusi dilakukan di berbagai tempat dan tak lupa ada sesi jalan-jalan diberbagai tempat-tempat yang menarik di WDC.

Setelah beberapa hari di WDC perjalanan dilanjutkan ke California (San Francisco dan Sacramento) tentunya masih dalam rangkaian kegiatan dengan tema tersebut. Diantara kunjungan dan aktivitasnya adalah mengunjungi universitas, pusat pertanian organik, pasar-pasar komoditi, sekolah yang konsen dalam program pangan dan lain-lain. Sejarah perkembangan pertanian U.S juga bisa dipelajari disini.

Tujuan selanjutnya adalah Nebraska atau dikenal dengan Corn Husker. Negara bagian ini sangat diandalkan oleh U.S dalam produksi jagung dan produk pertanian lainnya. Kota Lincoln dan Grand Island merupakan tujuan saya kali ini. Kota-kota di negara bagian ini tergolong sepi tidak seperti metropolitan. Lahan-lahan pertanian terhampar luas, walau saat itu sedang tidak masa tanam. Tapi bagi saya cukup memberikan informasi bila U.S merupakan salah satu eksportir jagung dan kedelai terbesar didunia.

Tempat terakhir dalam program adalah New York. Peran negara bagian ini juga cukup penting dalam rangkaian kebijakan pangan di Amerika Serikat. Banyak sekali pelabuhan laut dan pelabuhan udara yang menjadi pintu gerbang produk pertanian baik masuk ke Amerika atau keluar dari Amerika. Sebagai kota terbesar didunia, NY memiliki outlet pangan terbesar. Sehingga tidak salah jika selain menjadi kompas hiburan dunia juga menjadi kompas kuliner dunia. Evaluasi program juga dilakukan di negara bagian ini. Sebelum semua kembali ke negara masing-masing, semua berharap bahwa program ini memiliki manfaat.

Jodi H. Iswanto - IVLP 2011
Pertanian Sehat indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar