Minggu, 21 Oktober 2012

Bagian Membangun Pertanian - dalam Sebuah Perjalanan Belajar lebih Baik.


American Farm Bureau Federation is a national federation of state farm bureaus. Bersifat independent, non-goverment, voluntary organization governed by and representing farm and ranch families united. Federation ini mempromosikan hasil riset komoditi dari program-program yang dilakukan dalam kawasan tertentu, produk domestik, marketing, pendidikan dan riset, financial asistensi for untuk petani, progran pendampingan bagi pihak asing, pemberdayaan luar kota, the world food shortage, inspeksi dan sertifikasi pangan. Setiap negara bagian menjadi anggota Farm Bureau Federation. Pokoknya Farm Bureau is the voice of agricultural producers at all levels. Bersifat mewakili segenap kepentingan petani baik petani besar maupun petani kecil. Lembaga ini sangat aktif dalam membela kepentingan kaum petani dan punya banyak volunteer. Keberadaannya juga didukung oleh petani di 50 negara bagian serta Puerto Rico.

AFB berkantor pusat di 600 Maryland Ave. SW. Suite 1000W. Washington DC. AFB ini pada prinsipnya mewadahi kehendak petani dan menyampaikan berbagai hal ke Pemerintah, swasta, pengusaha, university, dll. Keberadaannya cukup kuat dan mempunyai bargaining position. Berdiri sejak tahun 1818.

Gambar Anggota AFB pada awal-awal berdirinya


Saat ini anggotanya lebih dari 6,2 juta keluarga. Perlu diketahui pula bahwa lingkup kerja AFB bukan hanya sekedar di dalam negeri, namun juga luar negeri. Misalnya, suatu saat USAID akan mengirimkan bantuan pangan ke negara lain AFB juga bisa terlibat.

AFB juga mengeluarkan anjuran dan melakukan kampanye untuk masyarakat dalam urusan Food Safety dengan anjuran yang sederhana yaitu : CLEAN, SEPARATE, CHILL, COOK yang nampaknya sangat didukung oleh pemerintah dengan tersedianya washtafel disetiap rumah makan dilengkapi dengan sabun cuci tangan, pengering, tissue sekali pakai (bukan handuk kumel yang digantung didinding seperti di RM sepanjang pantura).

Didepan Kantor FB California
Menurut informasi AFB bahwa saat ini SATU petani U.S mampu menyediakan bahan pangan untuk 155 jiwa baik di US maupun di negara lain. Nah, kira-kira SATU petani Indonesia mampu menyediakan berapa ya? mungkin ada yang bisa kasih informasi. Di U.S 98% kepemilikan lahan pertanian oleh individu/keluarga/ kemitraan antar keluarga/koperasi antar keluarga dan 2% milik non-family corporations. Sedangkan produksi pertanian dihasilkan oleh 82% individu/keluarga/kemitraan antar keluarga/koperasi antar keluarga dan 18% milik non-family corporations. 3 produk terbesar mereka adalah biji-bijian (jagung, gandum, oats, beras, barley, gandum hitam, sorgum, millet), hay & silase, oilseeds (soybeans, sunflowers, peanuts, canola dll)

Hanya beberapa negara bagian yang mengembangkan nursery dan greenhouse yaitu, Oregon, California, Texas, Michigan, Ohio, North Carolina dan Florida. Hal ini mungkin berkaitan dengan iklim. Konon, bahwa 82 juta keluarga di U.S menghabiskan US$ 35.1 milyar untuk taman setiap tahun. Untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi : http://www.fb.org/

Mohon maaf bila ada informasi yang tidak tepat. 
Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar